fbpx

Zaman sekarang sudah banyak negara, termasuk Malaysia,Indonesia yang mula mencari  sumber tenaga alternatif, kerana seperti yang sudah kita tahu, sumber tenaga seperti minyak mentah adalah sumber yang tidak boleh diperbaharui. Ini dia! Salah satu cara yang kita temui iaitu arang briket dari tempurung kelapa.

Hasil akhir dari pembuatan briket yang jelas ialah sebagai bahan bakar alternatif. Briket arang tempurung kelapa (Coconut Shell Briquette) sendiri pada umumnya itu digunakan untuk memasak, membakar tungku, membakar ‘sisha’, dan juga digunakan untuk proses memanggang dalam industri. Briket arang tempurung kelapa ini punya beberapa keunggulan dibandingkan dengan bahan bakar yang lain, seperti menghasilkan suhu yang tinggi dan juga merupakan salah satu produk Go Green Energy.

Briket Arang Tempurung Kelapa Sebagai Sumber Tenaga Alternatif

Lapisan luar buah kelapa, iaitu tempurung kelapa ni memang ada manfaat yang amat berguna tau! Kerana dari tempurung kelapa ini yang menjadi bahan utama dalam pembuatan briket arang yang menjadi penyelesaian bahan bakar alternatif yang kita perlukan sekarang. Setelah tempurung kelapa diproses menjadi arang tempurung dan dibuat menjadi briket arang kelapa, kita boleh gunakan sebagai pengganti bahan bakar kayu. DAH TAK PERLU NAK TEBANG POKOK SANA SINI!

Kelebihan Briket Arang Tempurung Kelapa.

Okay, tadi tu penjelasan tentang briket arang tempurung kelapa. Sekarang saya nak share kelebihan dari briket arang tempurung kelapa ini.

  1. Sumber tenaga yang boleh diperbaharui. Apa yang saya maksudkan adalah sumber tenaga yang boleh kita peroleh dari sumber alam dan perbaharuinya dengan sumber alam juga. Jadi sumber tenanga  ni takkan habis ler. Tanam jer kelapa banyak.
  2. Suhu yang dihasilkan tinggi. Haaaaa. Untuk pengetahuan semua lah yer, suhu untuk pembakaran arang kelapa ni tinggi. Tak macam arang lain-lain yer. Jadi masakan kita cepat la untuk masak dan matang yer!
  3. Tidak beracun. Nah karena proses pembuatan briket tempurung arang kelapa ini memang dibuat dengan proses alami, jadinya briket ini aman untuk kita gunakan. Adanya bahan tambahan ya cuma pada tepung tapioka yang berasal dari singkong sebagai bahan perekat adonan briketnya. Makanya ini menjadikan briket arang tempurung arang kelapa menjadi material yang aman dan gak beracun (non-toxic).
  4. Tidak berasap. Waktu dibakar, biasanya arang itu pasti akan mengeluarkan asap yang banyak, contohnya itu bisa kita lihat kalau kita lagi bakar sate, asap yang mengepul pasti banyak banget, ya meskipun aroma satenya enak sih. Tapi beda dengan briket arang tempurung kelapa ini. Ketika dibakar, asap yang dihasilkan itu sangat sedikit, bahkan hampir gak berasap, jadi ya gak akan mengganggu lingkungan.
  5. Go Green Energy. Ini ini salah satu keunggulan briket arang tempurung kelapa yang paling terkenal. Go Green Energy ini adalah sebutan untuk sumber energi yang bersahabat bagi lingkungan hidup. Ya seperti yang sudah saya bilang tadi, dengan keunggulan briket arang tempurung kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa dan juga bahan tambahan alami tepung tapioka, jadi kalau kita bakar gak akan berasap, makanya briket arang tempurung kelapa ini sangat ramah terhadap lingkungan.
  6. Pengganti batu bara. Kalau kita sering lihat biasanya bahan bakar yang digunakan, khususnya untuk industri itu adalah batu bara. Tapi seiring dengan perkembangan jaman, berdasarkan beberapa penelitian ternyata eksplorasi batu bara yang dilakukan secara masif itu akan sangat merusak alam. Selain itu, ternyata batu bara pun cenderung dan tergolong beracun kalau asapnya terhisap oleh manusia. Makanya briket arang tempurung kelapa ini bisa menjadi solusi bahan bakar alternatif sebagai pengganti batu bara.
  7. Waktu pembakaran yang lama. Briket arang tempurung kelapa ini punya ‘burning time’ atau waktu pembakaran yang lumayan lama, sekitar 2-3 jam non-stop. Menjadikannya briket ini sebagai bahan bakar yang tergolong efektif dan efisien.
  8. Sebagai alternatif pengganti kompor gas. Hampir semua dari kita pasti selalu pakai kompor gas kalau mau masak kan? Apalagi sekarang harga gas yang terus naik dan juga ketersediaannya yang kadang selalu menipis bikin kita jadi frustasi. Nah makanya seiring dengan perkembangan teknologi dan jaman, sekarang ini beberapa produsen sudah melihat potensi briket arang tempurung kelapa dengan menciptakan kompor briket. Tujuannya itu yang untuk bisa menggantikan kompor gas yang mayoritas digunakan rumah tangga sampai saat ini.

Manfaat Penggunaan Briket Arang Tempurung Kelapa (Coconut Shell Charcoal Briquette)

Briket tempurung arang kelapa ini kalau pada umumnya sih biasa digunakan untuk kebutuhan memasak. Masyarakat biasanya menggunakan briket ini untuk memasak berbagai jenis masakan yang prosesnya itu memang harus dibakar terlebih dahulu seperti Barbeque, steak, atau yang lebih sering kita lihat itu bakar sate. Kalau di negara Timur Tengah, briket ini biasanya digunakan untuk mengkonsumsi ‘sisha’, yaitu semacam rokok yang dihisap melalui alat yang punya beberapa varian rasa, kalau masih belum tau teman-teman bisa googling sendiri ya. Selain itu, di negara Timur Tengah, briket arang ini juga biasa digunakan untuk membakar wewangian ruangan. Kalau negara di Eropa dan Amerika, briket arang tempurung kelapa ini biasanya digunakan untuk penghangat ruangan dan juga pemanas ruangan untuk spa. Tapi sering juga digunakan untuk pembakaran tungku untuk proses memasak.

 

Jadi, pada dasarnya itu briket adalah bahan yang bisa dibakar, umumnya digunakan sebagai bahan pengganti dari arang konvensional yang biasa kita pakai. Briket arang ini juga punya berbagai macam bentuk, seperti bentuk kotak/kubus, hexagonal, silinder, dan juga bulat. Tujuannya itu untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal dari kandungan arangnya itu sendiri, dan juga membuat produk briketnya jadi terlihat lebih menarik dan rapi. Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa cari tau di Mengenal Briket Arang, Bentuk dan Manfaatnya, serta Peluang Bisnis Briket Arang

Briket Arang Tempurung Kelapa Produk Ramah Lingkungan

Mungkin ada banyak orang yang tanya, “Kenapa sih harus pakai briket arang tempurung kelapa? Memang apa keunggulannya kalau dibanding sama yang lain?” Oke, saya jelasin singkat aja ya. Jadi kalau kita bandingkan dengan briket batu bara, briket arang tempurung kelapa ini lebih bersahabat dengan alam. Gak cuma itu aja, briket kelapa ini bisa menghasilkan panas yang lebih besar daripada briket batu bara, jadi kalau kita gunakan untuk memasak, masakan kita jadi bisa lebih cepat matangnya. Nah karena briket arang tempurung kelapa ini dasarnya memang menggunakan 100% bahan kelapa, jadi briket ini gak beracun karena kadar sulfurnya sangat sedikit. Makanya produk briket arang tempurung kelapa ini terkenal sebagai produk Go Green, yaitu produk ramah lingkungan. Asap yang dihasilkan pun juga hampir gak ada. Briket ini pun juga dibuat dari limbah atau sampah organik, yaitu tempurung kelapa. Coba aja deh kita bayangkan bahan baku yang melimpah dari tempurung kelapa ini kemudian diolah jadi briket yang punya nilai ekonomis tinggi. Itu sebabnya kenapa produk briket kelapa ini bisa sangat menguntungkan dan bermanfaat bagi para petani kelapa, produsen briket, dan tentunya bermanfaat bagi konsumennya secara langsung.

Mesin Briket Arang

Dalam proses pembuatan briket itu memang diperlukan beberapa mesin sesuai dengan yang kita butuhkan, meskipun banyak produsen yang membuat briket arang tempurung kelapa ini dengan cara tradisional, tapi ada juga yang menggunakan berbagai macam mesin briket arang, tujuannya itu ya untuk bisa menghasilkan briket arang tempurung kelapa yang punya kualitas baik dan tahan lama, serta bisa mendapatkan sisi efisiensi dan produktivitas yang tinggi dalam proses pembuatannya. Alat dan mesin yang biasa digunakan itu sebagai berikut:

  • Mesin Pengayak Arang
  • Mesin Pengecil Ukuran Arang
  • Mesin Penepung arang / Diskmill
  • Mesin pencampur adonan
  • Mesin Pengulen adonan arang
  • Mesin Pencetak briket
  • Oven Pengering briket
  • Mesin Pemotong Briket

Cara Praktis Membuat Briket Arang Tempurung Kelapa

Alat dan bahan :

  1. Tempurung kelapa
  2. Tepung kanji
  3. Air
  4. Pipa paralon (bila diperlukan)

Cara membuat :

  1. Tempurung kelapa dibakar sampai hangus, lalu ditumbuk sampai halus dan di ayak dengan ukuran lolos 50 mesh dan 70 mesh.
  2. Buat adonan dari tepung kanji (air dengan tepung kanji).
  3. Campur bubuk tempurung kelapa dengan adonan kanji.
  4. Bentuk bola – bola kecil atau masukkan pipa paralon, agar mendapat cetakan yang lebih sempurna bisa dengan menggunakan mesin briket arang tempurung kelapa (dicetak agar bentuknya bagus).
  5. Jemur diterik matahari kurang lebih 1 hari (sampai benar – benar kering).

Proses pembuatan briket adalah sebagai berikut :

  1. Pengarangan
    Serbuk gergaji dan tempurung kelapa dibuat arang dengan pengarangan manual (dibakar).
  2. Pengayakan
    Pengayakan maksud untuk menghasilkan arang serbuk gergajian dan tempurung kelapa yang lembut dan halus. Arang serbuk gergaji diayak dengan saringan ukuran kelolosan 50 mesh dan arang tempurung kelapa dengan ukuran 70 mesh.
  3. Pencampuran media
    Arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa yang telah disaring selanjutnya dicampur dengan perbandingan arang serbuk gergaji 10 % dan arang tempurung kelapa 90 %. Pada saat pencampuran ditambah dengan lem kanji sebanyak 2,5 % dari seluruh campuran arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa.
  4. Pencetakan Briket Arang
    Setelah bahan-bahan tersebut dicampur secara merata, selanjutnya dimasukkan ke dalam cetakan briket dan dikempa.

Briket Kelapa Go Green Material (Produk Ramah Lingkungan)

Salah satu faktor yang bisa menyatakan suatu produk itu dinilai sebagai produk yang ‘green material’ adalah produk itu harus merupakan ‘recycled product’, yang berarti produk daur ulang yang diperoleh dari sampah atau limbah. Nah briket arang tempurung kelapa ini seperti yang sudah kita tau, terbuat dari arang kelapa yang diperoleh dari limbah tempurung kelapa yang sudah gak terpakai lagi, tapi ketersediaannya melimpah banget di beberapa negara tropis, termasuk di Indonesia. Faktor yang selanjutnya itu adalah produk yang dihasilkan itu harus berupa ‘non-hazard product’, atau produk yang gak beracun bagi manusia dan alam pada umumnya. Nah karena briket arang tempurung kelapa ini memang dibuat 100% dari tempurung kelapa murni, tanpa campuran bahan kimia apapun, jadi produk briket ini sangat aman digunakan untuk keperluan memasak dan juga yang lainnya. Faktor yang ketiga yaitu produk itu harus merupakan energi alternatif. Kalau faktor yang ini udah kelihatan jelas banget, karena briket arang tempurung kelapa ini tujuan utamanya memang sebagai pengganti bahan bakar konvensional. Selain itu, briket kelapa ini punya waktu pembakaran yang lumayan lama, yaitu sekitar 2-3 jam, bahkan bisa sampai 4 jam. Kalori yang dihasilkan pun juga lumayan tinggi, sampai 7000 kal.

briket arang

Makanya, dari beberapa syarat produk ramah lingkungan yang saya jelasin itu kelihatan jelas bahwa briket arang tempurung kelapa ini merupakan salah satu inovasi produk yang sangat baik kalau kita lihat dari segi kualitas dan juga dari segi ekonomisnya. Apalagi produk briket arang sekarang ini lagi banyak peminatnya, khususnya di pasar global, karena manfaat yang diberikan dari briket arang tempurung kelapa ini. Nah tren ini bahkan sampai menyebar ke seluruh dunia seiring dengan kebutuhan konsumen akan produk yang aman untuk dikonsumsi sehari-hari dan juga bisa bermanfaat bagi lingkungan hidup. Makanya potensi dan juga peluang pasar bagi briket arang tempurung kelapa ini bisa jadi salah satu prospek bisnis yang menjanjikan.

Manfaat Arang dan Kegunaannya yang Bermanfaat Bagi Kita

Kalau tadi saya sudah jelasin panjang lebar tentang briket arang tempurung kelapa dan penggunaannya, sekarang saya mau share tentang manfaat dan kegunaan dari arangnya itu sendiri. Jadi, arang yang dalam bentuk aslinya itu berupa arang kayu (Wood Charcoal) atau arang tempurung kelapa (Coconut Shell Charcoal) adalah residu yang mengandung unsur karbon. Arang ini bisa kita buat dengan cara dibakar dengan pemanasan pada suhu tinggi, tujuannya itu untuk bisa menghilangkan kandungan airnya. Bahan dasar dari arang pada umumnya itu dari kayu, kelapa, dan juga yang lainnya seperti serbuk gergaji kayu, kulit durian, .dsb. Arang itu gampang banget kita kenal, karena warnanya yang hitam pekat, berbobot ringan, sekitar 80% komposisinya itu berupa senyawa karbon. Karbon arang ini mengandung oksigen yang bisa menyerap gas dan zat berbahaya, dan juga sebagai sumber nyala api yang dihasilkan.

Sebetulnya arang itu sudah digunakan oleh manusia sejak jaman dulu, ya seringnya digunakan untuk bahan bakar dalam proses memasak, tapi ternyata ada kegunaan yang lainnya loh. Berikut ini beberapa manfaat arang:

  1. Kosmetik dan Kecantikan

Siapa bilang arang itu cuma bisa dipakai sebagai bahan bakar untuk masak aja? Ternyata arang yang biasa dibakar ini bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik. Berdasarkan penelitian, arang bisa melembutkan wajah dan membersihkan muka. Arang ini juga bisa mengobati jerawatm bintik-bintik hitam dan kerutan di wajah. Gak cuma itu aja, arang juga bisa mengurangi kadar minyak di wajah dan menjaga kelembaban alami kulit, mengurangi racun yang terpapar di kulit jadi bisa terhindar dari radikal bebas. Selain itu, arang juga bisa menghilangkan bau badar, sebagai pemutih gigi, dan bisa membersihkan kulit kepala. Tapi tunggu dulu, dari semua manfaat itu bukan berarti kita bisa oles arangnya itu secara langsung ke wajah kita, tapi harus melalui proses dulu untuk bisa diolah jadi produk yang bermanfaat bagi wajah dan tubuh kita. Makanya sekarang kita sering banget lihat ada banyak produk kosmetik dan kecantikan yang salah satu bahan dasarnya itu adalah arang. Karena saya sendiri juga pakai itu. Hehe

  1. Penjernih air (Water Purifier)

Mungkin bagi teman-teman sekalian yang masih ingat, kita dapat pelajaran ini waktu masih SD, arang itu diketahui punya karakter sendiri yang unik. Berdasarkan penelitian, arang dari kayu keras ini bisa menjernihkan air dan juga bisa menambahkan kandungan mineral pada air itu, jadi menjadikan airnya itu lebih baik untuk diminum.

  1. Bahan Bakar Terbarukan

Pada umumnya, manfaat utama dari arang itu ya sebagai bahan bakar. Tapi ada satu hal yang terbilang cukup unik, arang yang berasal dari kayu (Wood Charcoal) dan juga yang berasal dari kelapa (Coconut Shell Charcoal) itu punya kelebihan lainnya. Kedua arang itu punya kadar karbon yang lumayan tinggi, jadi kalori yang dihasilkan juga maksimal. Residunya juga gak akan merusak alam, jadi kalau misalnya arangnya itu sudah habis pemakaian, gak akan meninggalkan dampak buruk bagi ekosistem alam. Untuk arang kelapa sendiri, dalam bentuk arang tempurung kelapa atau briket arang tempurung kelapa merupakan produk yang gak beracun (non-toxic), punya waktu pembakaran yang lebih lama, dan juga gak berbahaya bagi lingkungan.

  1. Penghilang Bau dan Pelembab Ruangan

Beberapa penelitian belakangan ini menemukan ternyata arang bisa bermanfaat sebagai penghilang bau dan juga bisa mengatur kelembaban ruangan. Fungsinya itu untuk menyerap bau tidak sedap yang ada di dalam suatu ruangan dan juga menghilangkan zat-zat merugikan lain.

Peluang Bisnis Briket Arang Tempurung Kelapa

briket arang

Sumber: bintangkrisanti.wordpress.com

Kadang kalau kita menjalankan suatu usaha atau bisnis, kendala utama yang sering kita hadapi itu adalah kesulitan dalam pemasaran produknya. Ya termasuk briket arang ini, makanya penting bagi kita semua untuk bisa tau peluang pasar briket arang tempurung kelapa ini dulu. Ya seperti yang sudah kita ketahui, sebetulnya sumber daya alam di Indonesia ini sangat melimpah, khususnya kelapa, bahan baku utama dalam briket arang tempurung kelapa. Tau gak, ternyata Indonesia itu menempati urutan pertama dalam produktivitas kelapa di kawasan Asia loh. Tapi apa dengan begitu terus ada jaminan kita bisa memanfaatkan semua kekayaan alam itu? Ya jawaabnnya itu tergantung dari tingkat kreativitas kita, kejelian dalam melihat peluang pasar, dan juga kemampuan kita untuk bisa mempromosikan hasil olahan dari bahan kelapa.

Kita udah sering banget lihat ada berbagai macam produk olahan kelapa, mulai dari makanan, minuman, bahkan sampai ke produk-produk kecantikan, kesehatan, kerajinan tangan, dan juga sebagai bahan baku industri. Ya kalau bisa dibilang sih kelapa ini sendiri bisa dimanfaatkan secara keseluruhan baik tanaman maupun buahnya. Gak cuma itu aja, bahkan pohonnya bisa dijadikan sebagai bahan bangunan, daunnya bisa dijadikan sebagai kerajinan tangan, air kelapanya bisa dijadikan sebagai sumber minuman yang menyegarkan dan menyehatkan, daging kelapanya bisa dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai macam makanan dan juga minyak goreng, sabut kelapa bisa diolah menjadi berbagai macam produk seperti keset dan juga untuk pelengkap pembuatan kursi/jok mobil, dan tentunya ya tempurung kelapanya yang bisa diolah jadi briket arang. Tapi untuk bisa mengolahnya jadi briket, memang diperlukan perlakuan khusus terlebih dahulu, tapi kalau kita lihat peluang pasar yang ada, proses yang dilakukan ini bisa sangat sepadan dengan hasil yang diperoleh.

Sebetulnya briket arang tempurung kelapa ini bisa jadi sangat potensial sebagai bahan bakar alternatif untuk bisa digunakan di kalangan masyarakat, khususnya di Indonesia. Ya meskipun untuk di Indonesia sendiri sih kita belum sampai krisis energi, tapi setidaknya dengan adanya inovasi briket arang tempurung kelapa ini bisa menjadi salah satu solusi penggunaan energi konvensional yang berlebihan, karena gimana pun juga makin lama makin terkikis habis, terutama briket arang tempurung kelapa ini bisa sangat membantu untuk mengurangi penggunaan gas LPG. Tapi sekarang ini justru permintaan akan briket arang ini kebanyakan dari pasar luar negeri, ya bisa dibilang sih sekitar 80% permintaan yang datang ke Indonesia itu untuk pasar ekspor, makanya dari sini aja kita udah bisa lihat bahwa ada peluang besar yang bisa kita ambil. Kita yang menjalankan bisnis briket arang tempurung kelapa ini akan sangat diuntungkan dengan pangsa pasar ekspor karena nilai valuta asing itu lebih tinggi. Apalagi kalau ada permintaan datang banyak dari luar negeri, pasti mereka akan sangat memperhatikan kualitasnya, para produsen briket arang dituntut untuk bisa tetap mempertahankan segi kualitas, selain kuantitas. Jadi bisnis yang dijalankan itu akan bisa bertahan lama dan tahan uji.

Oke, jadi kurang lebih seperti itu berbagai macam manfaat dan kegunaan briket arang tempurung kelapa beserta cara pembuatannya yang bisa saya share. Semoga dengan ini bisa menjadi referensi dan inspirasi bagi teman-teman sekalian kalau mau bikin dan produksi briket arang tempurung kelapa sendiri. Karena sekarang ini briket arang ini sudah mulai menjadi tren di kalangan masyarakat, tujuannya itu ya untuk bisa mengurangi penggunaan bahan bakar konvensional yang suatu saat akan habis, dan juga bisa membantu menjaga kelestarian lingkungan. Terima kasih.

Leave a comment